Halaman

One Piece

One Piece
From now on, no matter what happens, this symbol from our left arms shall forever be the sign of our friendship!

Selasa, 07 Februari 2012

Pelajaran Penting Saat Pulang ke Tangerang

3 Februari 2012, SMAN 84 Jakarta, diadakan Edufair pertama kalinya di SMA-ku. Karena itu baru diadakan pertama kalinya, jadi tidak begitu lancar acaranya. Kurangnya koordinasi antar PTN membuat kami bekerja sendiri-sendiri. Seharusnya ada delapan PTN yang hadir dalam acara itu, tapi ada juga yang tidak bisa hadir malah ada yang hadir tanpa memberi konfirmasi kehadiran terlebih dahulu.

Tapi bukan itu hal penting yang saya ambil pada waktu itu. Pada saat keberlangsungan acara, saya waktu itu menjelaskan tentang ITB kepada salah satu orang tua siswa. Dan ketika selesai berbincang-bincang cukup lama, setelah Ibu itu pergi kira-kira masih satu meter dari Stand PT saya, saya kemudian membungkuk seperti orang Jepang yang menghormati orang tua. Dan ketika itu pun temanku bertanya, "Loh kok loe bungkuk kayak gitu?? Emang mesti begitu ya di budaya Jepang??"
Sayapun terdiam bingung apa yang harus saya jawab.
Apa yang dapat diambil dari sini??
Ini Indonesia loh, kamu itu masih di Indonesia, bukan di Jepang, jadi bersikaplah dengan kebudayaan Indonesia. Kamu sering 'menceramahi' temanmu yang menjelek-jelekkan bangsa/negara lain karena kamu tidak mau negara kita dijelek-jelekkan oleh negara lain karena ulah 'segelintir orang' seperti temanmu. Coba lihat dirimu pada saat itu, kamu sama saja atau bahkan lebih buruk daripada 'segelintir orang' itu, karena kamu telah memakai budaya negara lain di kehidupan sehari-hari.
Akhirnya sayapun mengerti dengan apa yang dikatakan diriku yang satunya lagi, memang boleh untuk belajar budaya asing, tapi penerapannya bukan di kehidupan sehari-hari pada saat masih di Indonesia.

Lagi, ketika acara sudah hampir selesai, temanku yang lain meminta "To, gw mau liat dong karya loe sampe sekarang". "Ah, gw blm punya sama sekali".
Ketika itu juga saya merasa malu pada diriku sendiri,
Kamu sudah satu setengah tahun di ITB tapi belum pernah menghasilkan karya apapun, kamu sama saja seperti orang yang tidak kuliah di ITB (jangankan begitu orang yang tidak kuliah di ITB saja bisa menghasilkan karya yang berguna bagi bangsa kita).

Apa yang bisa kamu ambil dalam Kisah Hari itu??
1. Koordinasi dan pembentukan tim yang sistematika akan membuat kegiatan itu semakin mudah dikerjakan.

2. Ada baiknya kita mempelajari budaya asing, tapi dahulukan budaya bangsa kita sendiri. Salah satu dosen Fisikaku berkata "Jika kamu ingin berperang dengan suatu wilayah, pelajarlah budaya wilayah itu mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi". Tapi jika kamu diserang balik dan kamu tidak tahu budaya kita sendiri, bagaimana kita bisa melawan balik.

3. Ingatlah dimana temapt kamu berpijak saat mengejar cita-citamu. Dua pondasi penting dalam Universitas yaitu : Laboratorium dan Perpustakaan. Sama halnya dengan diri kita saat mengejar cita-cita. Kita memang punya perpustakaan yang bisa melihat masalah-masalah yang ada di sekitar kita dan penyelesaiannya yang dilakukan oleh orang lain. Dan laboratorium itu sebagai tempat penelitian kita untuk menyelesaikan masalah dengan cara kita sendiri. Kita sudah dibesarkan dan dididik disini, tetapi apa balas budimu terhadap Negara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar